BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perhatian
terhadap perkembangan Ilmu Admnistrasi Niaga atau Bisnis pada akhir-akhir ini
meningkat dengan pesat. Perkembangan bisnis yang dipacu oleh kemajuan ilmu,
pengetahuan, dan teknologi kini menjadi pusat perhatian masyarakat secara luas karena
melahirkan fenomena globalisasi dimana kepentingan individu, kelompok bahkan
Negara yang berada di bawah kepentingan dunia secara menyeluruh. Bisnis telah menjadi sebuah kekuatan yang mampu mengubah tatanan dunia mulai dari tingkat kesejahteraan masyarakat, struktur demografi, politik, sosial-budaya, ekonomi, komunikasi sampai pada kekuasaan. Akibatnya, struktur politik dan kekuasaan kini sulit untuk dipisahkan dari kegiatan bisnis.
Negara yang berada di bawah kepentingan dunia secara menyeluruh. Bisnis telah menjadi sebuah kekuatan yang mampu mengubah tatanan dunia mulai dari tingkat kesejahteraan masyarakat, struktur demografi, politik, sosial-budaya, ekonomi, komunikasi sampai pada kekuasaan. Akibatnya, struktur politik dan kekuasaan kini sulit untuk dipisahkan dari kegiatan bisnis.
Berkaitan dengan masalah globalisasi
dalam kegiatan bisnis dan segala permasalahan yang ditimbulkannya, ilmu
administrasi, khususnya ilmu administrasi niaga, sebagai salah satu unsur
penting dalam pembangunan nasional, memperoleh tantangan besar yang dikarenakan
luasnya kajian ilmu administrasi niaga itu sendiri. Objek dari ilmu Administrasi
adalah orang-orang dengan perilakunya, subjek yang dipelajari adalah
bentuk-bentuk atau bagian-bagian serta mekanisme kerja sama, sedangkan metode
metode merupakan cara atau pemikiran yang dikembangkan untuk mencapai tujuan
dari kerja sama tersebut.
Seperti juga kepentingan, keinginan
dan kebutuhan manusia sangat beragam dan terus berubah. Secara alamiah manusia
membentuk atau membangun kelompok yang didasarkan pada rasionalitas dan
kesamaan pandang yang menghasilkan pola interaksi sebagai proses
penyelenggaraan yang mencakup: kebijakan, pengorganisasian, pengarahan, dan
pengendalian dalam ilmu-ilmu sosial dikategorikan ke dalam ilmu administrasi
yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari proses penyelenggaraan kerjasama antara
orang-orang yang bergabung dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan.
Sedangkan bisnis, pada dasarnya adalah kegiatan untuk memenuhi keinginan dan
kebutuhan manusia dengan mengelola sumber-sumber yang tersedia. Aktivitas
bisnis merupakan proses pembangunan yang dilakukan oleh suatu Negara dan
terkait dengan pembangunan di Negara lain.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan Administrasi Bisnis?
2. Bagaimana
ruang lingkup Administrasi Bisnis?
1.3 Tujuan dan Manfaat
1.3.1 Tujuan Masalah
1.
Menjelaskan pengertian atau definisi
dari Administrasi Bisnis
2.
Menjelaskan ruang lingkup dari
Administrasi Bisnis
1.3.2 Manfaat Masalah
Menambah
wawasan dan pemahaman tentang Administrasi Bisnis berikut dengan ruang lingkup
kajiannya
BAB
2
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
Administrasi Bisnis
Di Indonesia masih
jarang ditemui para ahli atau pelaku administrasi yang memberikan definisi dari
sudut pandang yang secara komprehensif. Selama ini masih sangat sedikit
definisi tentang administrasi niaga. Admisnistrasi Niaga atau yang sekarang menjadi popular
dengan sebutan Administrasi Bisnis, adalah bagian dari ilmu-ilmu sosial yang
mempelajari proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam upaya mencapai
suatu tujuan, merupakan ilmu yang berfokus pada perilaku manusia. Administrasi
sebagai salah satu bagian dari ilmu pengetahuan yang membahas masalah-masalah
sosial berada pada sebuah sistem terbuka yang mempelajari proses kerja sama.
Sebagai ilmu, administrasi merupakan sebuah sistem terbuka. Sebagai sebuah
sistem terbuka Ilmu Administrasi berkembang melalui tahap-tahap yang pada
setiap tahapnya menciptakan pengetahuan baru yang berangkat dari permasalahan
yang dihadapi.
Berikut ini pengertian dan definisi Administrasi Bisnis
menurut beberapa ahli :
1. Prajudi (1982) menjelaskan bahwa “Ilmu Administrasi Niaga atau Ilmu
Administrasi Bisnis adalah cabang ilmu administrasi yang secara khas
mempelajari administrasi daripada dan terdapat di dalam organisasi-organisasi
bisnis, dengan pengertian bahwa yang dimaksud dengan bisnis hanyalah bisnis
yang mengejar laba (profit, winst),
atau yang mempergunakan laba sebagai indikator daripada efisiensi operasinya.
Sebagian besar atau terbesar daripada organisasi-organisasi niaga tersebut
merupakan perusahaan”.
2. Sondang (1989) mendefinisikan
Administrasi Niaga sebagai keseluruhan kegiatan mulai dari produksi barang dan
/ atau jasa sampai tibanya barang atau jasa tersebut di tangan konsumen.
3. Poerwanto (2006) berpendapat bahwa,
Administrasi Bisnis adalah keseluruhan kerja sama dalam memproduksi barang atau
kerja sama dalam memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan
pelanggan hingga pada penyampaian barang atau jasa tersebut kepada pelanggan
dengan memperoleh dan memberikan keuntungan secara seimbang, bertanggung jawab
dan berkelanjutan.
2.2
Ruang
Lingkup Administrasi Bisnis
Ilmu Administrasi
sebagai bagian dari ilmu-ilmu sosial merupakan ilmu terapan, yaitu ilmu yang
langsung mempunyai kaitan dan manfaat pada kegiatan manusia. Sebagai bagian
dari ilmu-ilmu sosial Ilmu Adminstrasi berkembang pesat selaras dengan
perkembangan dinamika kerjasama antar manusia yang makin kompleks. Kuatnya arus
perkembangan studi dalam administrasi menciptakan berbagai bidang kajian yang
pada perkembangan selanjutnya melahirkan spesialisasi pada disiplin ilmu
tertentu.
Disiplin-disiplin ilmu
yang muncul sebagai akibat dari arus studi administrasi, organisasi manajemen
secara berkesinambuingan menghasilkan disipli-disiplin ilmu yang menjadi bagian
dari ilmu administrasi, diantaranya, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu
Administrasi Niaga/Bisnis, dan Ilmu Administrasi Internasional serta masih
terus berkembang. Masing-masing disiplin mempunyai cirri-ciri sendiri dan
melahirkan ruang lingkup studi yang baru. Ruang lingkup studi administrasi
mencakup berbagai aspek yang didasarkan pada proses kerja sama.
Sondang (1989)
mendeskripsikan terdapat Sembilan kajian yang termasuk dalam ruang lingkup
studi administrasi yaitu:
1. Filsafat
2. Administrasi
3. Manajemen
4. Kepemimpinan
5. Human Relations
6. Organisasi
7. Administrasi
Negara
8. Administrasi
Niaga
9. Manusia
Prajudi
(1980) mengembangkan ruang lingkup studi administrasi yang didasarkan pada
konsep kerja yang terdiri dari:
1. Manajemen
2. Organisasi
3. Komunikasi
4. Kepegawaian
5. Keuangan
6. Perbekalan
7. Hubungan
Masyarakat
8. Tata
Usaha
Ruang lingkup Administrasi Niaga, meliputi: manusia,
masyarakat, dan administrasi sebagai suatu interaksi sosial, pengertian sistem
sebagai falsafah dasar bagi administrasi, tata usaha dan informatika,
organisasi sebagai corak hidup manusia modern, manajemen dalam perspektif
pertumbuhannya, pembuatan keputusan manajerial, perencanaan manajemen,
pengawasan manajerial serta beberapa segi pelengkap administrasi dan bisnis. Administrasi
pada intinya melingkupi seluruh kegiatan dari pengaturan hingga pengurusan
sekelompok orang yang memiliki diferensiasi pekerjaan untuk mencapai suatu
tujuan bersama. Administrasi dapat berjalan dengan sua atau banyak orang
terlibat di dalamnya.
BAB
3
KESIMPULAN
Dalam dunia tanpa batas, aktivitas
bisnis menjadi berubah dari untuk memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan
masyarakat dan memperoleh keuntungan dan sebesar-besarnya, menjadi sebuah
kehidupan total yang didasarkan kepentingan bersama dan masa depan dengan
mengutamakan moral. Maksudnya, bahwa bisnis merupakan aktivitas sosial yang
mempunyai tujuan untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan dan pemanfaatan
sumber-sumber yang digunakan. Definisi Administrasi Bisnis itu sendiri adalah bagian dari ilmu-ilmu
sosial yang mempelajari proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam
upaya mencapai suatu tujuan, merupakan ilmu yang berfokus pada perilaku
manusia. Administrasi pada intinya melingkupi seluruh kegiatan dari pengaturan
hingga pengurusan sekelompok orang yang memiliki diferensiasi pekerjaan untuk
mencapai suatu tujuan bersama.
DAFTAR PUSTAKA
Buku
Poerwanto.
2006. New Business Administration.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Internet
Hardiko. “Administrasi Bisnis”. 2
Februari 2012. http://hardiko-administrasibisnis.blogspot.com/
Sijabat,
R dan Widodo, E. “Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis”. 14 Desember 2010. http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/index.php?option=com_content&view=article&id=86:adbi4130-pengantar-ilmu-administrasi-niaga&catid=94&Itemid=496
Helmi,
S. “Bisnis dan Ilmu Administrasi Bisnis”. 16 Januari 2010. http://shelmi.wordpress.com/2010/01/16/bisnis-dan-ilmu-administrasi-bisnis/
mosok mbak?? :-D
BalasHapus